Imperial Dietetic Chinese History

            Kerajaan China selalu dituntut untuk berkembang dalam hal pelayanan kepada raja. Beberapa hal penting yang dikembangkan adalah obat tradisional, pembangunan, dan salah satunya adalah makanan.

            Pada masa Emperor Zhou, Qin dan Han (1122 B.C- A.D. 220) makanan merupakan hal yang penting sebagai alat untuk menjalin relasi politik. Hidangan mewah selalu diberikan untuk memperingati pertemuan antara putri dan putra mahkota. Pada akhir masa dinasti Shang ( 1154 B.C-1122 B.C) makanan yang mewah di sinyalir menjadi alasan kehancuran dari dinasri Shang “With a pool of wine and a forest of hanging meats, men and women chased each other naked, drinking all night.” (Records of Kings and Princes)

            Makanan sehat kemudian dikembangkan dan menjadi makanan utama kerjaan. Dinasti Han mengembangkan teknologi hothouses untuk dapat menumbuhkan sayuran sehingga tidak terbatas pada musimnya.  Perkembangan ini kemudian berkembang menjadi beberapa budaya dietetic. Budaya dietatic ini tidak hanya mempengaruhi di dalam kerajaan namun juga masyarakat pelajar, pasar, dan temple yang berdampang pada pemasukan, pendidikan, budaya, dan agama. 


            Dinasti Ming dan Qing merupakan dinasti yang paling sadar akan pentingnya kesehatan dalam makanan. Pada dinasti Ming makanan harus diganti setiap hari dan tidak boleh diulang. Tidak hanya itu hidangan pencuci mulut juga di ganti.
Perkembangan ini menghasikan makanan kerajaan yang unik. Buah segar, sayur, dan daging diberikan kepada raja tergantung pada musim dan hasil tangkapannya.  Dinasti Ming lebih banyak memakan sayur dan buah daripada daging dan ikan. Sayur dan buah merupakan menu utama kerajaan dari semua jenis makanan lainnya.  Pada jaman berikutnya, pengetahuan ini kemudian di ikuti oleh Kublai, raja pertama Yuan Dynasty yang menganggap bahwa sayur dan buah merupakan cara untuk melindungi kesehatan dirinya dan dapat memperpanjang usia pemerintahannya.

My Secret Diet

            Temuan diatas membuat saya menganggap penting memakan buah dan sayuran. Buah dan sayuran selain mengurangi emisi karbondioksida dari pemotongan sapi, ternyata berdampak baik bagi kesehatan badan dan kulit saya.  Saya tidak mau mengatakan pola vegietarian sebagai basic dari diet saya. Saya mengatakannya sebagai plant based diet. Selain itu saya menjadi lebih kurus beberapa kilo karenanya.


Sandra Olga Plant Based Diet: Back to Nature


Plant based diet
            Saya mempunyai alergi terhadap kacang-kacangan dan susu yang dapat berakibat pada tumbuhnya jerawat. Namun sejak meengkonsumsi sayur dan buat membuat kulit saya lebih cepat regenerasi. Berikutnya saya juga menyadari efek dari sayur dan buah yang membuat badan saya lebih kuat dan kuat. Saya pun terus rajin mengkonsumsi sayur dan buah dalam bentuk juice. Plant based diet ini saya lakukan dengan memaksimalkan pola makan yang lebih mengkonsumsi sayuran dan buah. Setiap pagi saya usahakan untuk rutin membuat vegie-fruit juice. Secara tidak sadar banyak orang yang mengatakan saya terlihat lebih kurus. Saya pun akhirnya menimbang berat badan saya dan terbukti memang berat badan saya turun siginifikan daripada biasanya. Berat badan saya 2012 akhir berada pada 55 kg. Padahal awal 2012, selalu diangka 50. Saya selalu berusaha menurunkannya, tetapi hanya bisa sampai 53 kg. Pola plant based diet ini berhasil menjadi kesuksesan dari kesehatan badan saya sekarang dan pengurusan badan.

            Hanya saja, saya berharap teman-teman tidak mengkonsumsi vegie-fruit juice smoothie pada waktu penting! Hati-hati mendadak mules ditempat karena proses detox di pencernaan tubuh. Hahahaha… Saya sudah mengalaminya beberapa kali disaat mendesak dan tidak ada toilet. Rasanya keringat dingin sambil kebingungan. Wkwk… ^-^






Pola Makan
            Pola makan saya sendiri tetap seperti pada orang pada umumnya: 3 kali sehari. Hanya saja lebih menjaga setiap nutrisi yang di dalamnya. Jika saya mempunyai lunch atau dinner dalam bentuk buffet, tentu saya akan menakar setiap persentasi makanan saya. Setiap breakfast dan lunch saya selalu menempatkan karbohidrat. Bentuknya bisa roti gandum, kentang, ataupun nasi. Karbohidrat yang saya konsumsipun saya lihat proses memasaknya. Jika itu berupa cake yang banyak sugar saya membatasi hanya beberapa sendok. Begitupula dengan kentang, kentang yang fried, baked dan mashed mempunyai kadar minyak dan lemak yang berbeda. Untuk mengetahui kadar setiap makanan bisa dilakukan dengan mengetahui cara memasaknya terlebih dahulu: apakah menggunakan minyak lama/baru, susu, garam, dan lain-lain. Selain itu adalah dengan menyicipinya anda bisa mengetahui kandungan di dalam makanan itu.


Variations of my food

Plant Based Diet Recipe
            Kerajaaan Cina  menyukai orang badan tambun karena dianggap makmur. Teman saya kemudian memberi informasi karena hal itu, kerajaan China selalu menaruh buah di hidangan pencuci mulut dan di taruh terakhir yaitu agar orang puas makan banyak dahulu dan dikenyangkan dengan hidangan. Jadi kalau mau kurus makan buah-buahan terlebih dahulu sebelum memakan hidangan lainnya.

            Nah informasi tersebut saya cross check lagi. Hasilnya adalah buah-buahan baiknya dimakan saat perut sedang kosong atau sebelum anda memakan hidangan. Jangan memakan buah-buahan bersamaan dengan makanan lainnya atau sesudah makan. Idealnya buah-buahan dimakan 1-2 jam sebelum makan dan pada waktu pagi hari saat perut kosong atau di antara jam makan pagi dan siang.

            Dalam membuat vegie-fruit juice saya menggunakan persentase sebagai berikut: Sayur 70%, Buah 20%, 10% madu dan susu kedelai. Hal ini tidak akan membuat masalah selama buah-buahan di porsikan lebih sedikit daripada kandungan yang lainnya dan di konsumsi terpisah dengan makanan. Sayuran yang dipilih bisa berupa sayuran organik seperti pokcay, carrot, tomato, sawi,  dan lain-lain. Buah-buahan berupa pisang atau apel.


Conclusion
Saat saya melakukan medical check up, dokter mengatakan bahwa saat ini keadaan saya sangat sehat dan tidak perlu mengkuatirkan penyakit apa-apa. Pola makan plant based diet yang saya angkat dari dinasti Ming dan Qing ini, sukses membuat badan saya lebih kurus dan sehat! Siap untuk tampil lebih percaya diri deh.. >u<

Reference:






- Copyright © Sandra Olga - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -